BANDUNG – Okti Mulya Permatasari atau akrab disapa Okti (25), mengaku tidak pernah berpikir untuk menjadi anggota Satuan Pengamanan (Satpam). Sejak satu tahun lalu, Okti memantapkan dirinya untuk terjun ke dunia yang identik digeluti kaum adam tersebut.

Okti bercerita, awal mula dia terjun menjadi Satpam karena tergerak setelah beberapa kali melihat sendiri ketika pelaku pencurian tengah beraksi di tempat kerjanya. Dari situ, dia pun memutuskan mengikuti pendidikan Satpam selama sepuluh hari.

“Sebelumnya nggak pernah terpikir untuk menjadi Satpam, tapi karena saya pernah melihat dan menangkap pelaku pencurian di tempat kerja, saya lalu memutuskan untuk pendidikan. Alhamdulillah, keluarga juga mendukung,” kata Okti usai menerima penghargaan sebagai Satpam Terbaik, pada HUT Satpam Ke-34 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (30/12/2014).

Ibu satu anak ini bercerita, selama setahun menjadi Satpam, dia banyak menemukan pengalaman hidup baru. Dia pun tak takut dengan anggapan orang yang melihatnya ‘beda’, malah dia tak pernah menemukan duka selama bertugas sebagai Satpam di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung.

“Tidak ada dukanya. Karena saya belajar banyak, saya jadi bisa ilmu bela diri, saya bisa lebih teliti dan hati-hati,” ucapnya tersenyum.

Mengingat statusnya sebagai ibu satu anak, Okti yang sebelumnya bekerja sebagai staf administrasi di salah satu perusahaan travel, mengatakan, tidak begitu sulit dalam membagi waktu antara pekerjaan dan perannya sebagai istri dan ibu.

“Kan kerjanya shift siang, pulangnya malam, tapi tidak terlalu malam juga, jadi masih bisa banyak waktu untuk keluarga,” ujarnya.

Penghargaan kepada Okti dan dua satpam terbaik lainnya diberikan langsung Wagub Jabar, Deddy Mizwar. Usai upacara, Deddy mengatakan, seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat perkotaan, maka kebutuhan akan tenaga kerja Satpam pun kian dibutuhkan.

“Semakin tinggi dinamika kehidupan di kota besar, harus ditingkatkan pula kuantitas dan kualitas Satpam. Di kota besar ini ada budaya cuek sama cuek, nah ini bagaimana kualitas pengamanan harus ditingkatkan, untuk keamanan, siskamling ditingkatkan. Seperti sudah kita lihat tadi, saat ini sudah semakin baik,” ungkapnya.

Okti dianugrahi sebagai Satpam Terbaik tingkat Bandung Raya, karena keberanian dan dedikasinya menangkap pencuri di Mal Riau Junctions, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung.

Okti tidak sendiri, dia dibantu tiga rekannya. Namun karena Okti perempuan satu-satunya, dia didapuk jadi perwakilan penerima penghargaan dari Satuan Bina Masyarakat (Binmas) Polrestabes Bandung.